image/svg+xml
Aku merindukan hari ini.
Mengapa aku tidak menggunakan media sosial Facebook, Instagram, dan WhatsApp, serta bagaimana cara berkomunikasi dan mendapatkan informasi tanpa media sosial?
Bulan Kebanggaan (Pride Month) 2021
Mengapa?
Sedikit Teman, Sedikit Masalah
Toilet Duduk Tidak Cocok untuk Orang Indonesia
Membuang yang Tidak Dibutuhkan
Waktu Berlalu Begitu Cepat
Cita-cita dan Mimpi
Hari Tanpa Media Sosial (No Social Media Day) 2021

Jatuh Cinta dengan Jamur Sawit

Jamur sawit atau jamur jangkos adalah jamur yang tumbuh di janjang kosong buah sawit yang sudah membusuk. Aku mengenal jamur ini sejak Maret 2021.

2021-05-13-jamur-sawit.jpg

Ketika masih muda, jamur sawit berbentuk bulat-bulatan, persis seperti jamur kancing (champignon). Rasanya gurih banget, bahkan mengalahkan masakan daging apapun seisi semesta! 😋

2021-05-21-jamur-jangkos.jpg

Kebetulan di depan mes aku ada tumpukan janjang kosong kelapa sawit. Setelah beberapa bulan, akhirnya janjang kosong itu membusuk. Janjang kosong membusuk setelah kurang-lebih 2 bulan. Setelah itu, akan muncul bulatan-bulatan berwarna abu yang secara ajaib akan segera menjadi jamur yang lezat. Masa pertumbuhannya cepat. Aku hampir memanennya tiap hari.

Olahan Jamur Sawit

2021-06-12-las-vegan-menu.jpg

Olahan di atas kunamai Las Vegan, karena tidak ada unsur hewani di dalamnya. Dan yang paling penting ada jamur sawit di dalamnya yang membuatnya lezat untuk dimangsa.