image/svg+xml
Aku merindukan hari ini.
Mengapa aku tidak menggunakan media sosial Facebook, Instagram, dan WhatsApp, serta bagaimana cara berkomunikasi dan mendapatkan informasi tanpa media sosial?
Bulan Kebanggaan (Pride Month) 2021
Mengapa?
Sedikit Teman, Sedikit Masalah
Toilet Duduk Tidak Cocok untuk Orang Indonesia
Membuang yang Tidak Dibutuhkan
Waktu Berlalu Begitu Cepat
Cita-cita dan Mimpi
Hari Tanpa Media Sosial (No Social Media Day) 2021

Berdamai dengan Semesta

Aku lahir dalam keadaan berantakan di ruang Semesta yang sempit. Aku merasa mungil dan dikucilkan. Dengan kata lain, aku berada di bawah standar pandangan masyarakat pada umumnya.

Aku menetapkan standar hidup tersendiri yang mungkin bertentangan dengan keinginan orang-orang di sekitarku.

Sebagai bagian dari minoritas, kemungkinan besar untuk diterima di masyarakat sangatlah kecil.

Hingga kini aku tidak terlalu dekat dengan siapapun, termasuk keluargaku sendiri. Aku takut. Aku takut mereka tidak mau menerima keadaanku.

Aku lebih suka dengan kesendirian ini. Aku hanya ingin menangis sendirian di pelukan Semesta. Aku ingin mendapatkan pencerahan tanpa ceramah dari orang lain karena aku tidak suka diceramahi.

Sekarang, aku akan mencoba untuk menerima lingkungan. Belajar menerima orang-orang dengan berbagai wajah. Belajar menerima lingkungan bising. Belajar untuk hening di lingkungan yang penuh dengan basa-basi.

Aku tidak akan banyak bicara lagi. Juga tidak menyalahkan siapa-siapa atas ketidakberuntunganku. Aku ingin tenang. Berdamai dengan Semesta.