image/svg+xml
Aku merindukan hari ini.
Mengapa aku tidak menggunakan media sosial Facebook, Instagram, dan WhatsApp, serta bagaimana cara berkomunikasi dan mendapatkan informasi tanpa media sosial?
Bulan Kebanggaan (Pride Month) 2021
Mengapa?
Sedikit Teman, Sedikit Masalah
Toilet Duduk Tidak Cocok untuk Orang Indonesia
Membuang yang Tidak Dibutuhkan
Waktu Berlalu Begitu Cepat
Cita-cita dan Mimpi
Hari Tanpa Media Sosial (No Social Media Day) 2021

Apa alasan tidak mengikuti program pelatihan kartu prakerja?

Satu-satunya alasan mengikuti program pelatihan kartu prakerja adalah untuk mendapatkan insentif. Mengenai pelatihannya, itu hanya sekadar formalitas saja. Aku tidak mendapatkan manfaat lebih.

Aku mengikuti 2 pelatihan:

  1. Raih Penghasilan Jutaan Rupiah Hanya Bermodal Website dari Bitlabs dengan biaya Rp650.000
  2. Kiat meningkatkan penampilan diri & etika dari Global Edukasi Talenta Inkubator (GETI) dengan biaya Rp335.000

Berikut ini ulasan tulus sesuai pengalamanku mengikuti program pelatihan kartu prakerja gelombang ke-6.

Tidak Ada Nilai Lebih

Berdasarkan penelusuran, aku bisa menemukan konten serupa di luar pelatihan. Konten serupa bisa ditemukan dengan mudah di YouTube dan banyak situs yang menyajikan artikel bermutu tinggi, tanpa perlu membayar sepeser pun.

Penyajian materi pelatihan tidak lebih dari pemaparan materi presentasi ala mahasiswa.

Membuang-buang Waktu dan Uang

Karena pelatihannya tidak punya nilai lebih dari yang gratisan, mengikuti pelatihan kartu prakerja sama dengan membuang-buang waktu dan uang.

Sayang sekali, uang 1 juta hilang begitu saja untuk membayar pelatihan yang tidak memberi nilai guna. Padahal, bagi orang yang pas-pasan, uang 1 juta bisa dimanfaatkan untuk membeli kebutuhan pokok selama 2 bulan.

Pelatihan yang selesai dalam 1 sampai 3 hari tidak mungkin memberi manfaat sesuai yang diharapkan. Jangankan pelatihan singkat semacam itu, belajar di perguruan tinggi yang membutuhkan waktu bertahun-tahun belum tentu memberikan manfaat nyata.

Kalau kamu pernah kuliah, atau malah sudah menyelesaikan pendidikan sarjana, apakah kamu benar-benar merasakan manfaat nyata dari ilmu-ilmu yang sudah kamu pelajari? Jujur aja deh.

Seperti Mengikuti Ujian Sekolah

Aku kira pelatihan berbiaya mahal ini menyediakan tutorial yang mumpuni untuk persiapan mendapat pekerjaan yang layak atau persiapan membangun usaha mandiri.

Pelatihan yang diberikan dalam program kartu prakerja sama persis seperti mengikuti pendidikan sekolah dasar. Kita akan diberikan materi panjang lebar, dan pada akhirnya disuruh menjawab pertanyaan-pertanyaan. Sangat mainstream dan tidak membawa perkembangan sama sekali.

Pada sesi webinar, seorang yang dipandang ahli dalam materi pelatihan hanya memaparkan apa yang sudah dibahas di materi.

Sertifikat Tidak Berguna

Aku tidak tau kegunaan sertifikat yang didapat. Menurut pendapat pribadi, sertifikat semacam itu tidak layak dilampirkan saat melamar pekerjaan.