image/svg+xml
Mengapa aku tidak menggunakan media sosial Facebook, Instagram, dan WhatsApp, serta bagaimana cara berkomunikasi dan mendapatkan informasi tanpa media sosial?
Bulan Kebanggaan (Pride Month) 2021
Mengapa?
Sedikit Teman, Sedikit Masalah
Toilet Duduk Tidak Cocok untuk Orang Indonesia
Membuang yang Tidak Dibutuhkan
Waktu Berlalu Begitu Cepat
Cita-cita dan Mimpi
Hari Tanpa Media Sosial (No Social Media Day) 2021

Daftar Lagu Tradisional Suku Dayak Ngaju

Lagu tradisional suku Dayak Ngaju umumnya bergenre etnik atau pop. Beberapa di antaranya hanya menggunakan alat musik tradisional kecapi. Lagu tradisional yang menggunakan kecapi disebut karungut. Selain itu, ada juga lagu dangdut yang menggunakan bahasa Dayak Ngaju sepenuhnya, tetapi kami tidak menyebutnya sebagai lagu tradisional suku Dayak Ngaju.

Berikut ini daftar lagu daerah yang populer.

1. Manasai

Lagu ini biasanya dilantunkan saat acara-acara sukacita, menyambut tamu dari luar daerah, dan di sekolah. Liriknya sangat ceria, di mana sang penyanyi mengajak orang-orang untuk menari mengelili sangkai lunuk. Jadi, lagu Manasai dilantunkan sambil menari mengelili sangkai lunuk membentuk lingkaran.

Lagu Manasai diciptakan oleh Wolten Roedji. Penasaran sama lagu manasai? Yuk cek contoh lagunya di YouTube: versi 1 dan versi 2.

2. Malauk Manjala (Mambesei)

Lagu Malauk Manjala diciptakan oleh A. B. Sandan. Penasaran sama lagu malauk manjala? Cek contoh lagunya di YouTube yang dinyanyikan oleh Daniel Nuhan & Olivia Ilona.

3. Mamangun Mahaga Lewu

Lagu mamangun mahaga lewu memiliki makna yang sangat dalam. Kita harus menjaga alam. Liriknya kritis. Alam kita demikian rusak karena keserakahan. Hutan dan sungai dieksploitasi habis-habisan sehingga rusak. Keadaan ini memang benar adanya. Kerusakan alam dapat disaksikan di daerah Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Dulunya daerah itu punya sungai yang jernih dan hutan yang luar biasa lebat. Sekarang kita bisa menyaksikan sungai berwarna nyaris seperti kopi susu, tidak layak untuk mandi dan memasak.

Lagu Mamangun Mahaga Lewu diciptakan oleh B. Tarung. Contoh lagu tersedia di YouTube yang dinyanyikan oleh Olivia Ilona, Nelvira, dan Adyatma Luki Reswara.

4. Mamangun tuntang Mahaga Lewu

Meskipun judulnya mirip dengan lagu nomor 3, lagu ini punya makna lain. Kita dituntut untuk membangun daerah kita. Membangun dalam hal ini diartikan secara harafiyah, yaitu untuk memajukan daerah.

Lagu Mamangun tuntang Mahaga Lewu diciptakan oleh Agustin Teras Narang, Gubernur ke-12 Kalimantan Tengah. Contoh lagu tersedia di YouTube yang dinyanyikan oleh Agustin Teras Narang.

5. Oh Indang Oh Apang

Lagu Oh Indang Oh Apang diciptakan oleh Nila Riwut. Contoh lagu tersedia di YouTube yang dinyanyikan oleh VG Mendawai.